Rabu, 16 November 2011

Semangat Hidup ODHA


AIDS ( Acquired Immune deficiency syndrome ) merupakan sekumpulan bakteri virus yang dapat timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia yang ditimbulkan karena Virus HIV ( Human Immunodeficiency virus ).

Manusia atau orang yang terserang virus ini menjadi rentan terhadap serangan penyakit. penanganan yang sudah ada hanya dapat memperlambat perkembangan dari Virus ini, namun orang orang terserang penyakit ini benar-benar belum bisa disembuhkan.

Orang yang terkena serangan Virus HIV/AIDS biasa kita panggil dengan sebutan ODHA ( Orang Dengan HIV AIDS ). HIV/AIDS sendiri merupakan penyakit jenis penyakit menular. Penularannya pun bisa dengan berbagai macam cara seperti seks bebas, penggunaan jarum suntik bekas, dan menerima trasfusi darah dari orang yang terinfreksi Virus HIV ( Human Immunodeficiency virus ).



Sudah banyak dilaporkan bahwa ODHA mengalami diskriminasi hanya karena diketahui bahwa mereka terjangkit virus HIV/AIDS. Mereka langsung di kucilkan oleh banyak orang di sekeliling lingkungan mereka.

Saya sebagai penulis, pernah menemui salah satu penderita ODHA di daerah Krawang Jawa Barat. Disini saya bercerita secara singkat saja. Bang Jek, namanya sengaja saya samarkan. Dahulu ia termasuk orang yang sangat di segani di daerahnya. Sebelum terinfeksi Virus HIV AIDS, Bang Jek  merupakan salah satu pemakai narkoba. hampir hari-harinya dia menggunakan Narkoba.

Awalnya dia bekerja sebagai pembawa acara atau MC dari sebuah acara hajatan kampung kekampung. Dia menceritakan awalnya dia menggunakan Narkoba, karena dia merasa kurang PD dan butuh ketenangan saat tampil di atas panggung. Semakin sering acara semakin sering pula ia menggunakan Narkoba.

Setelah hampir setahun dia menggunakan narkoba akhirnya ia tertangkap oleh aparat Kepolisian. disinilah awalnya dia mulai terasa menderita AIDS. Selama masa tahanan, Bang Jek merasa tubuhnya sangat rentan sekali dengan penyakit. Sampai pada saat check kesehatan (cek darah) yang dilakukan di Rutan ia positiv terinfeksi virus HIV.
Saat itu juga ia langsung masuk ruang rehabilitasi di Rutan. Selama menjalani masa tahanan, Bang Jek selalu mengisi hari-harinya dengan berolahraga dan kegiatan-kegiatan positif, serta kegiatan rehabilitasi.Namun tetap saja ada beberapa napi yang mengucilkan Bang Jek. Yang membuat Bang Jek punya semangat adalah motivasi yang ia lakukan pada diri sendiri supaya ia harus bisa sembuh.




Semangat hidup itu seharusnya yang dicontoh buat para penderita AIDS atau biasa dikenal dengan ODHA. ODHA juga manusia, makhluk yang berhak hidup walaupun terjangkit penyakit yang mematikan. Kita sebagai orang-orang yang berada disekelilingnya seharusnya memberi semangat bukan malah mendiskriminasi para penderita AIDS.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar